PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG UNTUK KELAS 4 SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA

Ria Angraini1) dan Slamet Abadi2)

1) Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Respati Indonesia

2) Dosen Fakultas Teknik Informatika Universitas Respati Indonesia

Universitas Respati Indonesia Jakarta

Jl. Bambu Apus 1 No. 3 Cipayung, Jakarta Timur 13890

Email : urindo@indo.net.id

  ABSTRAK

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah memanfaatkan teknologi untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan bangun ruang yang berguna untuk mempermudah dalam memahami materi pengenalan bangun ruang dan pembelajaran bangun ruang dalam pelajaran matermatika. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur dan mengamati langsung pembelajaran anak sampai sejauh mana pemahaman tentang pembelajaran bangun ruang, sedangkan analisis dan perancangan aplikasi dilakukan dengan menguraikan sistem kemudian mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan untuk menghasilkan rancangan aplikasi bangun ruang yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil yang dicapai dari perancangan aplikasi bangun ruang ini yang pengoperasiannya mudah adalah dapat membantu dalam pembelajaran bangun ruang pada anak sehingga anak bisa memahami materi bangun ruang, disamping itu dengan aplikasi bangun ruang ini anak juga bisa memahami soal beserta pembahasan yang ada dalam aplikasi yang berguna untuk mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh pengajar ataupun yang terdapat didalam aplikasi ini. Suasana pembelajaan yang nyaman dan santai pemahaman anak tentang pembelajaran bangun ruang dalam kelas dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan matematika untuk indeks pembangunan pendidikan atau Education Development Index (EDI). Dalam aplikasi bangun ruang ini selain dapat membantu dalam pemahaman pembelajaran matematika khususnya bangun ruang tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan pada apliksi bangun ruang ini.

  Kata kunci: Bangun ruang,pengenalan, pembelajaran, aplikasi bangun ruang