PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. BIGLY MULTI BUANA

Rendi Agung Saputra dan Ahmadun

Universitas Respati Indonesia

JL Bambu apus I, No.3 Cipayung, Jakarta Timur 13890

www.urindo.co.id ABSTRAK

Pada era globalisasi ini, persaingan dunia usaha menjadi alternatif masyarakat menuangkan ide, kreatif dan inovatif demi mencoba keberuntungan usaha. Namun tidak semuanya berjalan baik, terkadang masalah datang dari perizinan, kurangnya komunikasi terhadap para petugas dilapangan, maupun pengamanan kerusuhan. Kerjasama PT. X dengan PT. Bigly Multi Buana adalah untuk membantu penjualan dan memperkenalkan produk PT. X melalui PT. Bigly Multi Buana melalui promosi ke lokasi-lokasi strategis yang akhirnya melakukan penjualan ke konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Bigly Multi Buana. penelitian disini adalah kuantitatif, dengan sampel 50 Responden dan menggunakan teknik accidental sampling, dan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menyatakan Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan dengan Kepuasan Pelanggan sebesar 96,4% sedangkan 3,6% dipengaruhi faktor lainnya. Dari uji regresi linier berganda diperoleh, persamaan : (Y) = 0,876 + 0,882 (X 1 ) + 0,110 (X 2 ). Promosi di PT. Bigly Multi Buana harus, dipertahankan, dan ditingkatkan. Kesimpulan Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan dengan Kepuasan Pelanggan pada PT. Bigly Multi Buana. Saran sebaiknya PT. Bigly Multi Buana terus meningkatkan aspek – aspek Kualitas Pelayanan, dengan cara memberikan pelatihan kepada setiap karyawan.

Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan