PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN  TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CV  PARAHYANGAN EXPRESS  JAKARTA TIMUR

1)Idola Selly dan 2)Rushadiyati

1)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890   

2)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890

ABSTRAK

Kondisi persaingan saat ini, setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang sangat maju seperti sistem online. Persaingan bisniss penting bagi perusahaan untuk membangun rasa  percaya pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan , dan Salah satu bentuk persaingan adalah menciptakan dan mempertahankan pelanggan.  Tujuan penelitian mengetahui hubungan Kepercayaan dan kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan CV Parahyangan Express Jakarta Utara. Metode penelitian Kuantitatif rancangan crosectional kepada 41 responden total populasi pelanggan CV Parahyangan Express Jakarta Utara.  Teknik analisis menggunakan uji Faliditas, Reabilitas, Koefisien, Korelasi Berganda,  Determinasi,  Regresi Berganda, Uji F, dan Uji t.  Hasil Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan berdasarkan koefisien regresi  α 0,05 diperoleh t hitung  kepercayaan sebesar  3.496>2,022, maka nilai thitung > ttabel nilai p 0,001<0.05, Jadi dapat disimpulkan bahwa Kepercayaan memiliki hubungan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan hasil perhitungan koefisien regresi  α 0,05 diperoleh t hitung sebesar  7,028 nilai t tabel sebesar 2,022, maka nilai thitung > ttabel  nilai p 0,001 artinya ada hubungan signifikan kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan.  Uji Regresi Berganda menunjukkan bahwa Kepercayaan memberikan kontribusi sebesar  33% terhadap loyalitas Pelanggan, sedangkan variabel kualitas pelayanan berkontribusi sebesar  39,9% terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil Uji Regresi ini membuktikan bahwa Loyalitas Pelanggan berhubungan dengan faktor Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan. Kualitas Pelayanan memiliki hubungan yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa persentase  kontribusi faktor Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan  terhadap  Loyalitas Pelanggan secara bersama-sama  sebesar  60,0%. Simpulan kepercayaan dan kualitas pelayanan berhubungan dengan loyalitas pelangan  CV Parahyangan Express Jakarta Timur.

  Kata Kunci : Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan