PENGARUH  IKLAN DAN  CITRA MEREK  TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG BERBASIS ANDROID PADA TOKO AIRA PHONE SHOPJAKARTA

 1)Gelu ,2)Doddy Astya Budy

1)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890   

2)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890

ABSTRAK

     Telepon seluler atau handphone merupakan salah satu alat teknologi yang perlahan merubah cara dan media sosialisasi masyarakat di Indonesia.   handphone seolah-olah telah bermetamorfosis dari sekedar alat komunikasi tanpa kabel menjadi alat penyedia informasi yang mudah dijangkau dan digunakan oleh masyarakat.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung berbasis android pada toko Aira Phoneshop Jakarta. Sampel penelitian berjumlah 80 responden dengan teknik Simple Random Sampling. menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi sederhana, uji F, Uji t dengan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji koefisien determinasi iklan dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 0,286 atau 28,6%. Hasi uji regresi sederhana menunjukan bahwa iklan memberikan pengaruh 0,110 (11,0%) sedangkan citra merek sebesar 0,617 (61,7%). Berdasarkan hasil uji F secara bersamaan iklan dan Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil Uji t (hipotesis) diketahui iklan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian nilai p 0,344, namun citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian nilai p 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa iklan yang ditawarkan perusahaan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, maka perusahaan harus mampu mempertahankannya jika perlu lebih ditingkatkan kualitasnya dan dalam hal citra merek sebaiknya meningkatkan aspek-aspek citra merek yang masih kurang.

  Kata kunci : Iklan, Citra Merek, Keputusan Pembelian