Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada RIZ-QY Bakery dan Cake Jakarta Timur

Novitasari1, Ahmadun2

Program Studi Administrasi Niaga, Fakultas Ilmu Adminstrasi

Universitas Respati Indonesia

Jl. Bambu Apus I, No. 3 Cipayung, Jakarta Timur (13890)

Email : lppm@urindo.ac.id1, ahmadunmad@yahoo.co.id2

    Abstrak

Barang dan jasa sudah menjadi satu kesatuan, mendirikan suatu bisnis berupa barang atau jasa, sebaiknya  memenuhi kebutuhan dan keinginkan masyarakat. Penciptaan produk barang atau jasa akan lebih baik jika memiliki perbedaan tersendiri dibandingkan para pesaingnya atau kata lain self branded. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian korelasi karena hanya mengukur variabel bebas dan variabel terikat, yang termaksud variabel bebas adalah harga (X1) dan promosi (X2), terhadap keputusan pembelian sebagai variabel terikat (Y).  Untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Riz-Qy Bakery & Cake di Jakarta Timur. Dengan sampel penelitian berjumlah 50 responden, menggunakan data primer, data sekunder, uji validitas dan uji reliabilitas dan teknik sampling insidental. dan alat bantu berupa kuesioner. Hasil penelitian menujukkan bahwa berdasarkan uji koefisien determinasi harga dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 0,392 atau 39,2%. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa harga memberikan pengaruh sebesar 0,154 (15,4%) sedangkan promosi sebesar 0,370 (37%). Berdasarkan Hasil Uji F diketahui secara bersama-sama Harga dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dalam hasil uji t (uji hipotesis) diketahui harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, maka dapat disimpulkan harga yang ditawarkan oleh perusahaan dirasa sudah sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, saran perusahaan harus mampu mempertahankannya jika perlu lebih ditingkatkan lagi dengan kualitas yang baik. Dalam hal promosi sebaiknya meningkatkan aspek-aspek promosi yang dirasa masih kurang.

  Kata Kunci          : Harga, Promosi, Keputusan Pembelian