PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. MUSLIM PARABOLA CILEUNGSI BOGOR

1)Sirilus P G Ola Uran, 2)Tony Sugiarso

1)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890   

2)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890

ABSTRAK

Persaingan dunia bisnis saat ini sangat ketat dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi sehingga konsumen memiliki informasi yang lengkap mengenai alternatif pilihan produk yang tersedia di pasar, salah satunya CV Muslim Parabola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada CV. Muslim Parabola  di Cileungsi, Bogor. Metode penelitian disini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi dan sampel penelitian berjumlah 50 responden, dengan 2 (dua) variabel bebas harga dan kualitas pelayanan dan vriabel terikat  kepuasan pelanggan.Analisis data uji validitas, reabilitas, uji t dan uji f, dengan analisis koefisien korelasi, analisa determinasi, analisa regresi berganda koefisien. Hasil penelitian adalah Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel harga  dengan nilap p 0.031 dan kualitas pelayanan dengan nilai 0,000 terhadap kepuasan konsumen CV Muslim Parabola. Variabel harga dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap variabel kepuasan konsumen dengan nilai kontribusi sebesar 85,2%. Kesimpulan hal ini berarti semakin tinggi nilai kulitas pelayanan dan penetapan harga jual sesuai dengan pasar akan semakin tinggi kepuasan konsumen. Saran untuk menghasilkan kepuasan konsumen yang optimal CV muslim prabola harus lebih menilai harga pasar sehingga dengan demikian akan timbul kemauan konsumen membeli dan menghargai produk yang di pasarkan. Selain itu CV muslim parabola juga harus terus menciptakan nilai dan cara meningkatkan  kualitas pelayanan dengan cara ini perusahan dapat memikat atau mendapat kepercayaan dari kosumen yang sudah ada maupun calon konsumen.

Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan konsumen