PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ANOMALI COFFEE KEMANG PADA 2016

Indah Febriandini dan Amrih Piguno

Universitas Respati Indonesia

Jl. Bambu Apus 1 No.3 Cipayung Jakarta Timur 13890

Telp. 021-845 7627 ABSTRAK

Persaingan yang terjadi di dunia bisnis menuntut perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalisme di semua bidang usaha, begitu pula bisnis perkopian di Indonesia, seperti kedai kopi. Anomali coffee agar bisa tetap bersaing, salah satunya dengan melakukan diferensiasi produk (keunggulan produk untuk memenangkan pasar sasaran). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh diferensiasi produk terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Anomali Coffe Jakarta. Penelitian kuantitatif, desain crosectional, populasi penelitian adalah konsumen Anomali Coffee Kemang, teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan rumus Rao Purba yang menghasilkan 96 responden pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi, koefisien determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian adalah nilai korelasi r = 0,705, yang artinya ada hubungan antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Hasil koefisien determinasi adalah bahwa ada hubungan antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,7%, sisanya 50,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, adapun hasil regresinya adalah : Y= 6.378 + 0.366X, berarti ada pengaruh positif diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan Terdapat hubungan kuat dan positif antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen, dan diferensiasi produk perlu dilakukan ditengah maraknya persaingan kedai-kedai kopi yang sedang menjamur, khususnya untuk Anomali Coffee. Saran untuk Anomali coffe hendaknya tetap mempertahankan dan lebih meningkatkan diferensiasi produk yang dimiliki serta melakukan inovasi, pengembangan dan memperhatikan keamanan maupun kenyamanan konsumen.

Kata kunci : diferensiasi produk, kepuasan konsumen