PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR MATIC YAMAHA MIO DI KELURAHAN BAMBU APUS KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Efrida Marselina Lowa, Eros Rosmiati, Maya Sova Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia Jl.Bambu Apus I, No. 3, Cipayung, Jakarta Timur 13890

ABSTRAK

Konsumen cenderung menjadikan citra merek dari produk sebagai acuan sebelum melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Semakin baik citra merek yang melekat pada produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda matic Yamaha Mio di Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur yang menggunakan sepeda motor matic Yamaha Mio. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor matic Yamaha Mio di RW 001 dan RW 003 Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur, dengan teknik purposive sampling dipilih 60 responden pengguna sepeda motor matic Yamaha Mio dengan jangka waktu Juni - Agustus 2016. Hasil uji hipotesis T hitung 3,662 sedangkan T tabel 2,001 maka T hitung > T tabel (3,662 > 2,001) yaitu Hα diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini yakni ada pengaruh citra merek dengan keputusan pembelian motor matic Mio sebesar 16,24%.

Kata kunci : Citra merek, keputusan pembelian.