KORELASI PROMOSI DAN PEMBEDAAN JENIS BARANG TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKO SUMBER GIOK JAKARTA

1)Sisilia Retnowati dan 2Tina Rosa

1)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890   

2)Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia, Jl.Bambu Apus I No.3, Cipayung - 13890

ABSTRAK

Peminat batu sangatlah banyak, apalagi jenis batu Giok, batu berwarna hijau dengan keindahan dan manfaatnya untuk kesehatan. Batu Giok berharga tinggi dan tidak pernah jatuh harga pasarannya. Tujuan penelitian membuktikan pengaruh Promosi dan Pembedaan Jenis Barang terhadap Kepuasan Pelanggan toko Sumber Giok Jakarta. Penelitian kuantitatif dengan sampel 50 orang dengan insidental sampling, analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji regresi berganda, uji F, dan uji t.  Hasil uji t variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai p 0,004; variabel Pembedaan Jenis Barang mempunyai hubungan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai p 0,000. Konstanta  12,644, artinya jika Promosi dan Pembedaan Jenis Barang nilainya adalah 0, maka Kepuasan Pelanggan  nilainya sebesar 12,644. Koefisien regresi promosi 0,398 artinya jika perbedaan jenis barang tetap dan Promosi mengalami kenaikan 1%, maka kepuasan pelanggan  meningkat 39,8%, ada hubungan antara Promosi dengan Kepuasan Pelanggan, makin tinggi Promosi, makin meningkat Kepuasan Pelanggan. Koefisien regresi variabel Pembedaan Jenis Barang sebesar 0,399 artinya promosi nilainya tetap dan Pembedaan Jenis Barang meningkat 1%, maka Kepuasan Pelanggan  akan meningkat sebesar (39,9%). Koefisien bernilai positif artinya ada hubungan antara Pembedaan Jenis Barang dengan Kepuasan Pelanggan.  Hasil uji determinasi R2 0,646. Kesimpulan ada pengaruh promosi dan perbedaan jenis barang berkontribusi sebesar 64,6% terhadap terhadap kepuasan pelanggan toko sumber giok Jakarta. Promosi dan pembedaan jenis barang berkontribusi terhadap kepuasan pelanggan sebesar 64.6%. Saran terus meningkatkan aspek-aspek promosi dengan brosur dan meng-update tampilan iklan di situs interne, kualitas produk dengan lebih selektif dalam memilih bahan produk.

Kata Kunci : Promosi, Pembedaan Jenis Barang, Kepuasan Pelanggan.