KORELASI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA TOKO BUNGA AGUNG FLORIST

Meriana dan Tina Rosa

Fakultas Ekonomi, Universitas Respati Indonesia – Jakarta, Jl.Bambu Apus I, No. 3, Cipayung, Jakarta Timur 13890

www.urindo.co.id ABSTRAK

Perkembangan dunia usaha serta kebutuhan pelanggan, menjadikan Permasalahan dalam Promosi dan Harga yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Begitu pula pada Usaha Toko Bunga Agung Florist secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Harga terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Toko Bunga Agung Florist secara parsial dan simultan. Variabel penelitian adalah Promosi (X1), Harga (X2), dan Kepuasan pelanggan (Y). Metode Penelitian menggunakan data primer, data sekunder, analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji simultan (uji F), Uji Prsial (Uji t), dan sampel berjumlah 60 responden dengan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian menunjukan promosi (X1) berhubungan signifikan dengan kepuasan pelanggan (Y), dan harga (X2) juga berhubungan signifikan dengan kepuasan pelanggan (Y). Koefisien Determinasi (R-square) sebesar 0,550 atau 55,0%. Artinya promosi dan harga secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 55%. Kesimpulan Promosi dan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada usaha Toko Bunga Agung Florist, semakin besar Promosi dan Harga yang diterima, maka Kepuasan Pelanggan akan semakin meningkat. Saran pihak Agung Florist dapat memanfaatkan media elektronik dan cetak serta dapat memberikan informasi daftar harga secara berkala untuk memudahkan pelanggan menemukan produk yang diinginkan, dan memudahakan pelanggan mengetahui adanya diskon (potongan harga) pada waktu tertentu.

Kata Kunci : Promosi, Harga, Kepuasan Pelanggan.