Analisis Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung di Istana Anak-Anak Indonesia, TMII Tahun 2016

Anggi Putri Novianingrum1, Tina Rosa2

Program Studi Ilmu Adminstrasi Niaga, Fakultas Ilmu Administrasi

Universitas Respati Indonesia

Jl. Bambu Apus I, No. 3 Cipayung, Jakarta Timur (13890)

Email : lppm@urindo.ac.id1, tinakynan@yahoo.co.id2

  Abstrak

Perkembangan pariwisata menyebabkan berbagai promosi ditempuh para pelaku bisnis bidang wisata untuk memenangkan persaingan, salah satunya Istana Anak Anak Indonesia TMII. Kondisi ini menyebabkan perlunya dibuat suatu strategi kompetitif untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung di Istana Anak Anak Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel Jenuh Menurut (Prof. Dr. Sugiyono, 2006 : 78) hal ini sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil,. Istilah ini sering disebut sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen Penelitian menggunakan kuesioner dengan 50 Responden dan 30 Pernyataan disetiap variabel. Menggunakan uji validitas, Uji realibilitas, Uji Koefiensi Korelasi Berganda, Uji Determinasi, Hasil Uji Regresi Berganda, Uji F dan Uji t,  data diolah secara statistik.            Hasil penelitian menunjukkan Variabel Strategi Pemasaran memberi pengaruh 0,130  (13%) terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung, sedangkan Variabel Kualitas Pelayanan memberi pengaruh 0,700 (7%) terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung. Kesimpulan strategi pemasaran dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung (20%). Saran sebaiknya Strategi Pemasaran Membuat Web mandiri di Istana Anak Anak Indonesia, untuk publikasi, promosi harga tiket, menyebar luaskan informasi Istana Anak-anak Indonesia, serta memberi pelayanan toilet bersih, terawat dan terjaganya kebersihan lingkungan.

  Kata Kunci                : Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Peningkatan Jumlah Pengunjung