ANALISIS PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG BRI SIMPEDES DI BRI UNIT CIPAYUNG

Eka Septianan L dan Titus Indrajaya

Program Studi Manajemen Universitas RespatI Indonesia

Jl. Bambu Apus 1 No.3 Cipayung Jakarta Timur 13890

www.urindo.ac.id ABSTRAK

Kemajuan teknologi saat ini, membuat persaingan bisnis semakin ketat. Oleh karena itu setiap perusahaan berlomba-lomba melakukan inovasi terhadap produk yang dimiliki agar membangun produk terbaik bagi konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen untuk menabunin g di produk tabungan BRI Simpedes pada BRI unit Cipayung. Metode penelitian kuantitatif, desain crossectional, sampel penelitian berjumlah 98 responden, dengan teknik accidental sampling, menggunakan data primer, data sekunder, analisis uji validitas dengan rumus Pearson product moment, uji reliabilitas rumus Spearman Brown, uji korelasi, koefisien determinasi. Hasil penelitian untuk uji validitas adalah t hitung > t tabel (0,463 > 0,199), dan uji reliabilitas t hitung > t tabel (0,606 > 0,199), dan untuk hasil uji korelasi diperoleh: 0,485, bernilai sedang, artinya ada hubungan antara motivasi terhadap keputusan konsumen. Hasil koefisien determinasi (Kd) = 23,5%, artinya pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen adalah 23,5%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesa diperoleh t hitung > t tabel (4,777 > 1,96), artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen. Kesimpulan ada pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen menabung di BRI Cipayung sebesar 23,5%. Saran BRI unit Cipayung dapat mempertahankan nasabah dan meningkatkan pelayanan melalui jaringan online yang baik agar tidak sering terjadi off line, serta mempermudah pelayanan kepada nasabah.

Kata kunci: motivasi, keputusan konsumen