PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP HASIL HUNIAN KAMAR PADA DESA WISATA HOTEL TAMAN MINI “INDONESIA INDAH” JAKARTA

Agus Baharudin, SE, MM1), Agus Setiyono2)

  • Dosen Pembimbing Fakultas Ekonomi
  • Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Universitas Respati Indonesia Jakarta

Jl. BambuApus I/No. 3 Cipayung Jakarta Timur 13890

Email :urindo@indo.net.id

  ABSTRAK

Kegiatan promosi yang dilakukan oleh berbagai dunia usaha akhir-akhir ini terlihat sangatlah besar tingkat persaingannya, apalagi saat ini persaingan tidak hanya di tingkat nasional bahkan sudah tingkat global, dan di tingkat internasional sudah semakin tampak  begitu tinggi tingkat persaingannya karena bila tidak bisa melakukan promosi yang berujung pada penjualan produk baik dari sektor industri, barang dan jasa serta sektor pariwisata sudah dapat dipastikan akan menemui kekalahan dalam persaingan usaha.Berkembang pesatnya sektor usaha bidang pariwisata di Indonesia dewasa ini dibarengi dengan Pelaksanaan pembangunan di bidang usaha perhotelan, serta tempat-tempat penginapan seperti villa, bungalow, losmen ataupun hotel.Perhotelan merupakan industri yang tergolong tahan terhadap krisis ekonomi (economy crisis resistance) dan kebangkrutan (bankruptcy resistance). Ditengah-tengah terjadinya goncangan ekonomi global yang memaksa para pelaku usaha untuk memutuskan hubungan kerja dengan karyawannya, bahkan banyak perusahaan yang sampai gulung tikar, industri perhotelan justru menunjukkan persentase kenaikan yang signifikan. Dewasa ini pembangunan hotel-hotel berkembang dengan pesat, apakah itu pendirian hotelbaru atau pengadaan kamar-kamar pada hotelyang ada, salah satunya adalah “Hotel Taman Mini Indonesia Indah”. Melalui kegiatan promosi baik media cetak,elektronik dan promosi dari berbagai kegiatan pariwisa oleh berbagaibiroperjalanan.Kini masyarakat luas telah mengenal “Taman Mini Indonesia Indah” dengan fasilitas penginapannya di  Desa Wisata Hotel TMII, Jakarta Timur.Dalam hal ini, untuk mengetahui jumlah hunian kamar dan untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh biaya promosi (X) terhadap hasil hunian kamar (Y). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linier.

  Kata Kunci : Biaya Promosi dan Hasil Hunian Kamar